Merancang Sistem Organisasi dan Tata Kelola Pendidikan Kejuruan

Image result for teacher vector

APA YANG DIMAKSUD SISTEM ORGANISASI DAN TATA KELOLA

Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem ini memiliki berbagai masukan yang diolah untuk menghasilkan output tertentu, yang bersama-sama, mencapai tujuan keseluruhan yang diinginkan oleh organisasi.

Organisasi sebagai sistem yang menciptakan dan menjaga lingkungan didalamnya memuat interaksi manusia yang sangat kompleks baik antar individu maupun dalam kelompok.

Tata kelola merupakan rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu lembaga.

Jadi yang dimaksud sistem organisasi dan tata kelola yaitu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang sama dengan melalui proses, aturan, dan control hingga menghasilkan output yang bermutu dan mencapai tujuan yang diinginkan.

SIAPA PELAKSANA TATA KELOLA PENDIDIKAN KEJURUAN

Berdasarkan prinsip dalam kajian yang dilaksanakan USAID (2014) tentang Tata Kelola. Distribusi Guru Proporsional (DGP) di Indonesia, menjelaskan prinsip-prinsip tata kelola bidang pendidikan paling tidak harus memenuhi 3 (tiga) Prinsip Umum sebagai berikut:

  1. Keikutsertaan instansi-instansi terkait

Program-program di sektor pendidikan tidak semata-mata dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, melainkan menyangkut beberapa instansi pemerintah daerah lainnya seperti Bappeda, Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Bagian Keuangan, Bagian Hukum, dan Badan Kepegawaian Daerah. Oleh karena itu, dalam melaksanakan program-program sektor pendidikan, keterlibatan instansi instansi tersebut sangat penting.

  • Keikutsertaan forum multi stakeholder

Dari sisi pengguna pelayanan, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan karena masyarakat mempunyai kewajiban untuk ikut serta dalam penyelengaraan pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh peraturan perundangan. Dengan keterlibatan masyarakat, program program sektor pendidikan dapat dilaksanakan secara tranparan dan akuntabel.

  • Berkelanjutan
    Semua pendekatan program sektor pendidikan harus dapat berlangsung terus secara berkesinambungan. Hal ini hanya dapat terlaksana ketika manfaat program-program pendidikan dapat dirasakan oleh masyarakat dan pelaksanaannya terus dikawal, tidak saja oleh pemerintah daerah tetapi juga oleh masyarakat melalui forum-forum multi stakeholder

BAGAIMANA KEGUNAAN SISTEM ORGANISASI PENDIDIKAN KEJURUAN

  1. Untuk memanajemen/merancang struktur formal guna penggunaan yang paling efektif sumber daya keuangan, fisik, bahan baku, dan tenaga kerja organisasi.
  2. Untuk menghubungkan antara fungsi, jabatan, tugas dan para karyawan atau dosen serta implementasi hubungan tersebut kepada mahasiswa.
  3. Sebagai cara para petinggi lebih lanjut tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam departemen mereka dan mendelagasikan wewenang yang diperlukan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Dari tiga hal pengorganisasian di atas dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian merupakan suatu proses yang sistemik untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan diantara organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien

KAPAN SISTEM ORGANISASI DAN TATA KELOLA PENDIDIKAN KEJURUAN DITERAPKAN

Diterapkan dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pembelajaran yang efisien dan menghasilkan lulusan yang bermutu. Untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian sumber daya manusia, perlu perubahan kebijaksanaan berkenaan dengan pendidikan kejuruan. Salah satu upaya peningkatan keterampilan dan keahlian yaitu sistem pendidikan kejuruan berdasarkan kompetensi yang dipacu oleh kebutuhan pasar. Sistem pendidikan ini mengupayakan agar keluaran dari suatu lembaga pendidikan kejuruan memiliki keterampilan dan keahlian yang relevan dengan kebutuhan pasar. Sistem pendidikan yang dikembangkan berfokus tidak hanya pada pendidikan formal, tetapi juga meliputi non-formal.

Leave a comment